PLEO robot dino yang lucu

on Friday, October 1, 2010


Sejak setahun lalu Jepang boleh saja mentargetkan pada 2015 semua kepala keluarga melengkapi rumah mereka dengan robot. Robot-robot itu akan meringankan pekerjaan rumah tangga bahkan jadi bagian dari keluarga mereka.

Di Jepang ada Asimo robot bentuk manusia buatan raksasa industri mesin Honda, Aibo si anjing robot mainan anak buatan Sony Elcetronics, ada juga PaPeRo dan Wakamaru yang menjadi robot pembantu kegiatan manusia.

Diakui atau tidak, sejak film animasi fiksi ilmiah Wall-E diputar di bioskop pada Juni 2008, kepopuleran robot makin meluas di masyarakat dunia, termasuk Indonesia.

Dan setahun belakangan, pecinta robot Indonesia dimeriahkan dengan kehadiran Pleo, robot mungil berbentuk bayi Camarasaurus, salah satu famili donosaurus era Jurrasic Park yang berbentuk robot peliharaan.


Sejak hadir Agustus 2008, robot yang diproduksi oleh perusahaan industri kreatif Ugobe dari Amerika Serikat ini menyita perhatian banyak orang, bukan hanya anak-anak tetapi sampai dengan kalangan dewasa hingga ibu rumah tangga.

Bagaiman tidak. Sang kreator Caleb Chung menciptakan Pleo memiliki kemampuan hampir mirip seperti binatang peliharaan lainnya.

Pleo bisa mengenali penampakan, sentuhan, hingga suara pemeliharanya karena dia memiliki software yang memory-nya bisa di up grade sesuai keinginan.

Sebuah kamera di hidungnya akan membantu Pleo menangkap informasi mengenai lokasi yang dia simpan dalam memori.

Pleo juga dilengkapi dengan 14 sensor motorik halus sehingga dia bisa bergerak seperti halnya binatang peliharaan lain, selain perangkat prosesor yang akan membantu dia mengontrol setiap gerakan.

Selain itu Pleo juga memiliki 35 sensor di seluruh bagian tubuhnya sehingga dia merespon pengelihatan, suaram dan sentuhan.

Lebih istimewa, Pleo bisa mengekspesikan perilaku seperti halnya hewan peliharaan seperti misalnya lapar, marah, cinta, dan ketakutan.

Harga untuk indonesia kisaran 4 juta.











0 comments: