Intel Membawa Android ke Notebook Berbasis x86

on Friday, July 2, 2010

Intel dilaporkan bekerja pada membuat versi x86 native dari sistem operasi Android dari Google untuk netbook dan tablet berbasis Atom. Intel mungkin sebenarnya memport yang “Froyo” versi Android 2.2 yang baru saja kode sumbernya tersedia pada hari Rabu.

Android awalnya dibuat untuk berjalan pada prosesor ARM. Namun senior wakil presiden Intel dan general manager dari Software dan Services Group Renee James mengatakan bahwa proses “atomisasi” OS itu sama sekali tidak sulit berkat pengalaman sebelumnya Intel dengan Linux.

“Harapan kami adalah bahwa (asli x86 Android) akan didasarkan pada rilis Froyo dan akan tersedia musim panas ini kepada pengembang,” kata James. Dia juga menambahkan bahwa kode yang digunakan untuk membangun x86 OS Android akan disalurkan kembali ke dalam “open branch”, dan akan dapat diakses oleh komunitas pengembang Android.

Meskipun perangkat lunak ini diharapkan akan digunakan pada tablet berbasis Atom dan netbook, Intel berharap bahwa port ini akan memberikan pilihan lain pada mitra hardware Intel pilihan OS baru untuk smartphone berbasis Atom di masa depan.

Sumber : www.beritateknologi.com

0 comments: